Wednesday, 6 February 2013

INILAH KAWAH TERINDAH DAN MENYERAMKAN DI DUNIA

1. Door to Hell Crater di Derweze, Turkmenistan

Door to Hell Crater memang kawah yang seseram namanya, 'Gerbang Neraka'. Terletak di Derweze, Turkmenistan, kawah ini terbakar api sejak tahun 1970-an. Pada awalnya, para pakar geologi Soviet menemukan cadangan tambang gas alam dan memutuskan untuk membakarnya. Tapi tidak ada yang tahu kapan gasnya akan habis.

Kawah Door to Hell menjadi daya tarik wisatawan karena ukurannya yang besar dan api yang menyala-nyala. Kesannya memang benar-benar seperti gerbang menuju ke neraka.

2. Danau Kelimutu, Indonesia
 

Danau Kelimutu adalah danau kawah yang cantik di Gunung Kelimutu, di Provinsi NTT. Kelimutu adalah tiga danau istimewa dengan masing-masing warna yang berbeda.

Warna di ketiga danau Kelimutu sering berubah-ubah. Hal ini yang membuatnya istimewa di mata wisatawan. Kelimutu pun disebut sebagai salah satu kawah terdahsyat di dunia.



3. Meteor Crater, Arizona, AS

Meteor Crater di gurun utara Arizona, AS adalah kawah tumbukan meteor yang paling terjaga kondisinya di dunia. Kawah yang kini menjadi destinasi wisatawan ini diduga tercipta 50.000 tahun lalu. 

Lubang kawahnya memiliki kedalaman 170 meter dan diduga kekuatan ledakannya adalah 150 kali bom atom Hiroshima. Sementara berat meteornya diduga mencapai 150.000 ton.

4. Morning Glory Pool, Wyoming, AS

Kawah yang satu ini sebenarnya adalah kolam mata air panas. Namanya sesuai nama bunga morning glory, karena warna kuning cerah di dasar kolam yang berasal dari bakteri yang hidup di dasar kolam itu. 

Sayangnya wisatawan yang tidak bertanggung jawab merusak Morning Glory Pool sehingga airnya menyusut tinggal di bagian tengah mata airnya saja.



5. Kimberley Big Hole, Afrika Selatan

Kawah yang satu ini adalah buatan manusia, Kimberley Big Hole, di Afrika Selatan. Kimberley Big Hole diklaim sebagai lubang paling besar buatan manusia. 

Kawah ini dalamnya 215 meter dengan diameter 463 meter. Kok bisa orang membuat lubang sebesar ini? Kimberley Big Hole adalah tambang berlian. 2.722 kg berlian sudah ditambang dari tempat ini untuk menghasilkan lubang seperti sekarang ini.



6. Pingualuit Crater, Quebec, Kanada

Kawah Pingualuit di Quebec, Kanada juga merupakan kawah hasil tumbukan meteor di zaman dahulu kala. Tempat ini kini menjadi destinasi wisata. 

 Nama lain kawah ini adalah Crystal Eye of Nunavik, karena jika dilihat dari langit berbentuk seperti mata. Diduga kawah ini terbentuk 1,4 juta tahun yang lalu.

5 comments: